Jumat, 28 Desember 2012

HASIL LAPORAN CARA PEMBUATAN TAHU

HASIL LAPORAN CARA PEMBUATAN TAHU






NAMA KELOMPOK ::
·        ANGGRAENI
·        DYAH NUR ANGGRAINI
·        DESTY PUTRI
·        HASNA HANIFAH
·        MIRNA
·        NIDIYA JULVA
·        PUTRI FEBIANI ISKANDAR
·        ROSI INDIANINGSIH
·        SYARAFINA DETI KARTIKA
·        VINA ARI FITRIYANTI


KELAS ::  XII IPA


v Fermentasi asam cuka ::
Merupakan suatu contoh fermentasi yang berlangsung dalam keadaan aerob. Fermentasi ini dilakukan oleh bakteri asam cuka (acetobacter acetil) dengan substrat etanol. Energi yang dihasilkan 5 kali lebih besar dari energi yang dihasilkan oleh fermentasi alkohol secara anaerob .

v Fermentasi makanan ::
Pembuatan tahu adalah proses fermentasi yang sangat dikenal di indonesia . proses fermentasi menghasilkan senyawa-senyawa yang sangat berguna,mulai dari makanan sampai obat-obatan . proses fermentsi pada makanan yang sering dilakukan adalah proses pembuatan tahu.

v Alat dan Bahan ::
·        Kedelai Putih
·        Batu tahu atau asam cuka
·        Kain penyaring
·        Blender
·        Panci
·        Sendok

v Prosedur Kerja ::
·        Di siapkan 500 gram kedelai kering kemudian dicuci sampai bersih
·        Direndam dalam air bersih selama 5 jam sampai kedelai menjadi lunak
·        Di blender dengan penambahan air sebanyak 500 ml sampai benar-benar halus ,kemudian direbus,buih yang timbul selalu dibuang ,dibiarkan mendidih selama 30 menit
·        Disaring dengan kain penyaring dan hasil saringan ditampung
·        Hasil saringan ditambahkan larutan batu tahu atau asam cuka sambil terus di aduk sehingga sebagian besar cairan terkoagulasi. Cairan yang semula seperti susu akan berubah menjadi butiran-butiran kecil berwarna putih yang merupakan gumpalan tahu yang makin lama semakin membesar dan akhirnya menjadi gumpalan besar yang terapung
·        Air yang di bagian bawah dibuang dengan cara disaring dengan cara sedikit ditekan agar sebagian besar air dapat keluar dari gumpalan tahu
·        Tahu yang didapat di potong-potong dan siap digunakan sebagai bahan konsumsi









v Perbedaan tahu yang memakai formalin ?
-         Tahu menjadi lebih padat dan tidak mudah hancur

v Tingkat kesulitan ketika membuat  tahu ?
-         Hanya kerusakan pada mesinnya saja


v Sifat kimia asam cuka ::
Asam cuka memiliki struktur kimia yaitu CH3COOH. Mempunyai nama lain asam setat dan asam karboksilat yang merupakan zat cair yang tidak berwarna dan berbau .
Sifat-sifat kimia asam cuka meliputi::
Keasaman,atom hidrogen pada gugus karboksil (-COOH) dalam asam karboksilat seperti asam cuka dapat dilepas sebagai ion H(+),sehingga memberikan sifat asam .
Pembentuka asam cuka : sukrosa mengalami reduksi menjadi glukosa,kemudian glukosa teroksidasi menjadi etanol,etanol terhidrasi menjadi asetaldehid dan mengalami oksidasi kembali untuk membentuk asam cuka.


















Kesimpulan ::


Tahu adalah makanan yang mempunyai sumber protein yang sduah termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna dan dibuat begitu sederhana dengan cara kedelai digiling dan menjadi bubur tahu lalu dicetak dengan papan tekan dan biarkan hingga air terbuang,tahu juga banyak proteinnya dan bagus untuk kesehatan .  

ALAMAT :
Taman Tridaya Indah 2
Jln. Kampung Atas Bekasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar